Manfaat Daun Sukun

Apa Manfaat Daun Sukun?

Keberadaan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit semakin banyak dicari. Manfaat daun sukun untuk mengobati ginjal, diabetes serta jantung bisa menjadi alternatif penyembuhan gangguan kesehatan tanpa biaya mahal.
Jangan sampai salah mengolahnya karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Berdasarkan penelitian LIPI (Tjandrawati), daun sukun bermanfaat menjaga Jantung dari kerusakan sistem Kardiovaskuler karena mengandung flavonoid dan sitosterol. Selain itu daun sukun juga membantu penyembuhan berbagai macam penyakit seperti gagal ginjal, asam urat, kolesterol, diabetes, darah tinggi serta mengatasi inflamasi atau peradangan. Manfaat daun sukun sebagai obat herbal berbagai penyakit Selain buahnya bisa dikonsumsi sebagai camilan keripik, pohon sukun juga menyimpan sejuta manfaat pada daun nya. Umumya, obat herbal berbahan dasar dedaunan diolah dengan direbus lalu diminum airnya atau menjemur daun sampai kering. Kemudian langsung diminum atau ditambahkan bahan-bahan herbal lainnya. Sukun memiliki nama latin Artocarpus Altilis. Tanaman yang buahnya sering disebut sebagai buah roti ini menyimpan segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Daun sukun memiliki beragam kandungan yang bagus untuk tubuh. Kandungan-kandungan itu antara lain: senyawa ortoindonesionin, asam hidrosionat, tannin, quercetin, artodosionin, kalium, riboplavin, flavonoid, polifenol, dan lain-lain. Kandungan-kandungan ini yang terutama terkonsentrasi di daun sukun biasa untuk membantu mencegah dan penyembuhan penyakit. Penemuan yang tebaru menyatakan bahwa daun sukun dapat membantu masalah yang dibawa dari penyakit: ginjal, asam urat, jantung, kolestrol berlebih, inflamasi dan peradangan, dan kadar gula dalam darah

.

Manfaat dan Khasiat Daun Sukun

  1. Manfaat daun sukun untuk Diabetes Kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan beragam penyakit seperti diabetes. Penyakit diabetes dikatakan mengerikan karena sulitnya darah mongering dan bisa menyebabkan amputasi pada bagian tubuh. Khasiat daun sukun yang kaya akan flavonoid akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Alhasil, tidak terjadi konsekuensi mengerikan dengan hadirnya penyakit susulan dari tingginya kadar gula darah.
  2. Menurunkan kadar Kolesterol Kadar kolestrol pada asalnya baik asalkan tidak berlebihan. Masalah akan timbul saat kadar kolestrol dalam darah terlalu banyak. Kolestrol nantinya akan menempel di dinding-dinding pembuluh darah. Apabila sudah menumpuk, akan menganggu jalannya pengiriman sari-sari makanan dan jalannya darah ke seluruh tubuh. Bermula dari hal ini, nantinya tubuh akan mengalami banyak penyakit susulan dan tidak bisa dimungkiri bersifat fatal. Guna mencegah dan / atau mengobati penyakit akibat kadar kolestrol tinggi ini, bisa dilakukan dengan meminum air rebusan daun sukun yang diperlakukan seperti teh celup. Minum teh daun sukun ini setiap hari, niscaya penyakit tinggi kadar kolesterol dalam darah akan menurun.
  3. Mencegah Penyakit Jantung Seperti pemaparan sebelumnya bahwa daun sukun terbukti ampuh untuk mengentaskan kadar kolesterol tinggi. Maka dari itu, bahasan manfaat daun sukun untuk penyakit jantung juga berkaitan erat dengan manfaat daun sukun untuk menurunkan kadar kolestrol. Sebab, kadar kolesterol akan menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan beratnya kinerja jantung kita. Penggunaan dan pengonsumsian daun sukun seperti pada penurunan kadar kolesterol akan membantu kinerja jantung yang mana dimudahkan dengan hancurnya kolesterol di dinding-dinding pembuluh darah.
  4. Manfaat daun sukun untuk Penyakit Ginjal Ginjal sangat penting untuk penyaringan darah. Sayangnya kesehatan ginjal kesayangan kita terancam dengan banyaknya kegagalan alias disfungsi ginjal. Oleh karena itulah, sangat penting melakukan penyembuhan. Penyembuhan yang terbaik adalah dengan melakukan pengobatan herbal dengan tumbuh-tumbuhan dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia dan cuci darah. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggu nakan daun sukun. Daun sukun kaya akan saponin, asam hidrosianat, kalium, dan beberapa lainnya yang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Batu ginjal yang menumpuk dengan efek pemakaian rutin daripada daun sukun akan hancur dan terbawa bersama urine. Lambat laun kondisi kita akan semakin membaik.
  5. Khasiat daun sukun untuk melawan Asam Urat Penyakit asam urat adalah penyakit menyebalkan yang selalu kambuh terutama pada cuaca dingin. Hal ini disebabkan oleh pengristalan asam urat pada bagian sendi. Khususnya hal ini sering terjadi di bagian kaki seperti lutut dan juga bahu. Pada akhirnya, ini akan menyiksa penderita. Bahayanya, asam urat merupakan penyakit yang tidak pandang bulu. Baik tua maupun muda memungkinkan untuk diserang oleh penyakit satu ini. Salah satu cara untuk menangkalnya adalah dengan menggunakan daun sukun. Daun sukun yang digunakan adalah daun sukun yang sudah dikeringkan. Setelah dikeringkan, daun sukun diseduh dengan segelas air panas. Lalu, daun sukun ditambahkan pemanis alami semisal gula batu dan madu. Daun sukun diberlakukan seperti kita meminum teh. Lalu, daun sukun diminum secara rutin agar terlihat manfaatnya. Asam urat akan turun dan tidak menyiksa lagi.
  6. Khasiat daun sukun untuk Anti Kanker Kanker yang merupakan tumor yang mengganas di salah satu anggota tubuh sangatlah berbahaya. Maka tidak heran banyak orang yang ketakutan saat divonis dengan penyakit satu ini. Padahal, masih banyak usaha yang bisa dilakukan untuk menghancurkan kanker ini. Selain daripada pengobatan medis yang menggunakan bedah, kemoterapi, dan juga obat kimiawi, kita juga bisa berusaha dengan menggunakan obat herbal yang bersifat tradisional. Memang lebih lambat, namun lebih aman untuk tubuh. Daun sukun adalah salah satu usaha dari pengobatan tradisional herbal yang dapat dilakukan. Caranya pun mudah saja. Cukup kita rebus daun sukun dengan 5 gelas air. Setelah mendidih, masukkan air sebanyak 5 gelas kembali. Tunggu mendidih dan ulang proses menambahkan 5 gelas air kembali. Lalu, minum air rebusan dari daun sukun tersebut. Selesailah sudah. Lakukan dengan rutin, dan kanker akan tercegah.